5 Trik Home Living untuk Memaksimalkan Setiap Sudut Rumah

Konten [Tampil]

Ingin rumah Anda terlihat lebih luas, fungsional, dan tetap estetik? Kunci utamanya adalah memaksimalkan setiap sudut di rumah Anda. Area kecil atau sudut yang jarang tersentuh justru bisa diubah menjadi ruang yang lebih berguna.

Banyak trik home living yang bisa Anda terapkan. Berikut ini lima trik efektif yang bisa Anda terapkan untuk membuat rumah terasa lebih nyaman, aesthetic, dan efisien, tanpa perlu renovasi besar-besaran.

Image via Unsplash


Tambahkan Rak Gantung Dinding

Di sudut rumah biasanya menjadi tempat kosong yang sayang sekali jika tidak dimanfaatkan. Anda bisa menggunakannya sebagai tempat penyimpanan sekaligus dekorasi. Salah satu caranya yaitu menggunakan rak gantung.

Rak gantung bisa membuat rumah lebih rapi. Selain itu, desain yang bagus juga membuat rumah Anda lebih cantik. Pilih rak gantung yang sesuai dengan gaya dekorasi rumah Anda, misalnya rak kayu untuk gaya rustic atau rak besi untuk sentuhan modern.

Anda bisa mengkombinasikan beberapa ukuran rak untuk menciptakan tampilan yang dinamis. Rak gantung ini bisa digunakan untuk menaruh kunci, vas bunga kecil, buku, dan barang-barang mungil lainnya.

Gunakan Furnitur Multifungsi

Furnitur multifungsi sangat ideal untuk rumah kecil atau apartemen studio, meskipun rumah biasa juga bisa menggunakannya. Ada banyak jenis furnitur multifungsi, pastikan Anda mendapatkan fungsi yang sesuai dengan ukuran ruangan.

Misalnya, meja makan lipat sangat sesuai dengan ruang makan kecil. Penggunaannya sangat praktis karena dapat dibuka saat digunakan dan dilipat saat tidak dipakai. Contoh lainnya di antaranya:

1. Sofa bed

Sofa ini bisa diubah menjadi tempat tidur sehingga dapat menjadi kasur tambahan jika ada tamu menginap.

2. Meja kopi dengan ruang penyimpanan

Meja ini dilengkapi laci atu kompartmen bawah untuk menyimpan majalah, remote tv, atay benda kecil lainnya agar tidak berserakan.

3. Bangku penyimpanan

Bangku ini bisa menjadi tempat santai dan juga ruang penyimpanan tertutup untuk barang-barang seperti sepatu, mainan anak, dan lainnya.

Anda bisa menggunakan furnitur yang berwarna netral atau sesuai dengan tema interior rumah agar menyatu dengan baik. Jangan lupa periksa kualitas furnitur multifungsi agar tahan lama dan tetap nyaman digunakan.

Letakkan Cermin untuk Kesan Lebih Luas

Cermin bukan hanya alat untuk bercermin, tapi juga bisa menjadi elemen dekoratif. Penggunaannya sering kali ditujukan untuk memberikan ilusi ruang lebih luas dan terang, terutama pada ruang sempit.

Pasang cermin besar di ruang tamu kecil atau di dekat jendela untuk memantulkan cahaya alami ke seluruh ruangan. Di lorong yang sempit, cermin dinding bisa membuat ruangan terasa lebih panjang dan luas.

Cermin memantulkan cahaya, membuat ruangan terasa lebih terbuka. Anda juga bisa meletakkan beberapa cermin kecil dengan bentuk unik di ruang makan atau kamar tidur untuk sentuhan artistik sekaligus fungsional.

Gunakan Perabot Kustom untuk Sudut 

Bisanya, sudut ruangan menjadi area yang sulit dimanfaatkan karena sempit. Tapi dengan kreativitas dan perabot khusus, Anda bisa menyulap sudut ruangan menjadi lebih fungsional dan menarik.

Memanfaatkan furnitur kustom, misalnya menambahkan rak atau meja sudut yang didesain khusus. furnitur ini dirancang sesuai ukuran sudut, jadi Anda bisa memaksimalkan ruang tanpa mengorbankan kenyamanan.

Umumnya, Anda harus memesan furnitur kustom pada jasa pembuat furnitur, misalnya Multimo. Pembuatan furnitur khusus untuk sudut rumah Anda biasanya memakan waktu lebih tergantung tingkat kesulitannya.

Tambahkan Pencahayaan Berlapis

Pencahayaan dapat menciptakan suasana yang nyaman di rumah. Untuk menciptakan pencahayaan berlapis, Anda harus menggunakan beberapa sumber cahaya di dalam satu ruangan.

Pencahayaan berlapis terdiri dari tiga aspek, yaitu utama, aksen, dan tugas. Strategi ini tidak hanya membuat ruang lebih terang, tetapi juga memberi dimensi dan kehangatan pada setiap sudut rumah.

Contoh pengaplikasian pencahayaan berlapis misalnya menggunakan lampu gantung, lampu meja, dan lampu dinding secara bersamaan. Gunakan bohlam dengan tingkat kecerahan yang berbeda sesuai kebutuhan. Serta, kombinasikan lampu dengan bentuk dan desain yang unik untuk menambah karakter pada ruangan.

Kesimpulan

Itulah lima trik home living untuk memaksimalkan setiap sudut rumah. Jika kelima tips tersebut tidak memungkinkan, Anda juga bisa meletakkan foto atau poster di sudut rumah tersebut agar tidak kosong dan tetap aesthetic.

Memaksimalkan setiap sudut rumah tidak memerlukan renovasi besar-besaran bukan? Anda hanya butuh kreativitas dalam memilih dan menempatkan elemen yang tepat. Semoga tips tersebut membantu!


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar