Intermezzeo Banting Setir Menuju Akhir 2024

Konten [Tampil]

Assalamualaikum wr wb

Alhamdulillah setelah sekian lama, akhirnya saya nulis lagi. Pengen ngerajinin nulis lagi, meski nggak dibayar, meski nggak dilihat orang, karena tujuan nulis ini adalah untuk melatih diri sendiri. Melepas emosi, release stress, dan meluapkan semua hal-hal yang menumpuk di kepala.

Kemarin, saya datang ke Global Office Space, salah satu co-working space yang ada di Solo, lokasinya di sebelah Loji Gandrung. Ada acara pelatihan untuk fasilitator Tular Nalar, yang akan diselenggarakan tanggal 3 Agustus mendatang.

Nah, fasilitator yang datang ini nggak jauh-jauh dari teman-teman blogger Solo. Jadi, sambil membahas tentang teknis pelaksanaan hari H, pas bincang-bincang santai kita juga intermezzo soal dunia blogger tipis-tipis.

Terkena Badai Algoritma Google

Ternyata nggak cuma saya ya ngalamin pageview terjun drastis. Kata Mas Ditya, ada Update Alogoritma Google, yang bahkan saking anjloknya dan menerpa semua lapisan, disebut badai. Nah, si badai ini juga berdampak pada blog saya. 

Yang awalnya sebelum bulan September 2023 pageviews bulanan 35.000-40.000 atau >1000 per hari, kemudian langsung anjlok 70% di bulan November 2023 menjadi 10.000-15.000 per bulan atau >500 views per hari. Lalu anjlok lagi saat bulan April 2024, cuma dapat 3000 views/bulan atau > 100 views/hari. 

Wuah, ini gila banget sih. Hal inilah yang memantapkan saya untuk banting setir ke Youtube dan Tiktok. Sebenarnya udah mulai sih, sejak 1-2 tahun lalu, tapi kurang konsisten.

Banting Setir ke Youtube

Terkait Youtube, saya tuh termotivasi oleh suami yang rutin bikin konten travelling sejak pandemi, hingga akhirnya sekarang sudah mencapai 40ribu subscriber. Alhamdulillah Adsense cair tiap bulan.

Saya pengen merambah Youtube juga, tapi nggak mau yang susah-susah. Akhirnya saya maksimalin ke SEO yang menurut saya mudah dikerjakan. Berbekal konsisten sejak 2 tahun lalu, Alhamdulillah membuahkan hasil. 

Saat ini sudah 8000 subscriber, dengan penghasilan Youtube yang cair tiap 5 bulan sekali. Lumayan kan? Tapi kalau views lagi kenceng karena momen, ya bisa langsung cair bulan depannya. Alhamdulillah.

Dulu Adsens Google dari Blog, juga gacor. Dulu tuh, bisa cair tiap 2 bulan sekali, eh sekarang susaaaaah banget, kayake baru bisa cair setelah 2 tahun deh, hahaha. Tapi Alhamdulillah, kedua blog yang saya kelola masih menyumbang pendapatan dari kran-kran lain. Jadi tetap jalan sampai sekarang.

Merambah ke Tiktok

Saya juga menyadari bahwa orang-orang sekarang udah pada pindah haluan ke Tiktok. Akhirnya saya coba menekuni Tiktok juga. Bingung sih mau konsep gimana, apalagi saya tipe orang yang perfect dan pengennya dapat hasil instan ya, hahaha.

Akhirnya saya pelan-pelan mencoba menyadari bahwa untuk mendapatkan sesuatu itu harus konsisten. Harus mau berjuang meski awal-awal nggak ada yang memperhatikan, nggak ada support, nggak ada dana, dll.

Menjadi creator di awal-awal itu nggak mudah, nggak enak, tapi harus tetap dijalani tanpa ingin dilihat orang. Ini sih, hal yang harus saya ingat. Konsisten tanpa ingin dilihat orang. Bikin konten dulu apa adanya. Pada akhirnya semesta akan memberikan jalannya sendiri.

Dan... kita harus betah untuk membuat konten minimal hingga 6 bulan ke depan. Hasilnya nggak akan terlihat sekarang, tapi suatu hari nanti pasti ada hasil. Namun, apakah kita mau bertahan sampai nanti?

Itulah tantangan terbesarnya. Melawan kemalasan diri sendiri. Melawan rasa ingin dilihat/dipuji oleh orang lain. Tetap fokus menghadap ke depan untuk mencapai target. Inilah yang harus saya lakukan...

Target Menjelang Akhir 2024

Nggak terasa, 2024 akan berakhir 5 bulan lagi. Aaaaaa, goals apa saja yang sudah tercapai? Bahkan saya pun nggak tahu dan nggak pengen inget-inget dulu.

Tetapi, dengan masih 5 bulan lagi, minimal saya masih punya waktu untuk memperbaiki hal-hal yang harus saya lakukan, demi menuntaskan mimpi yang telah dirancang. Minimal, mimpi itu adalah tentang diri sendiri, lebih tepatnya konsisten.

Mari kita bedah satu persatu, supaya lebih tertata rapi dan menjadi lebih termotivasi.

Ibadah

  • Rutin sholat tahajud, qobliyah subuh, dhuha
  • Baca quran selesai sholat subuh dan sholat magrib
  • Baca Al-waqiah setelah sholat subuh, dan baca Al-Kahfi saat hari Jumat
  • Rutin puasa Senin-Kamis selama masuk kantor
  • Rutin dzikir panjan

Duniawi

  • Nulis blog tiap malam, anggap sebagai diary untuk melepas isi kepala
  • Rajin bikin Youtube 3x seminggu (untuk 3 akun aktif)
  • Rajin bikin Tiktok 3x seminggu (untuk 3 akun aktif)

Susah gak sih? Susah banget T_T

Apalagi Youtube dan Tiktok. Kayak nggak sanggup gitu, tapiii memang harus dikebut karena saat ini saya nggak punya value lebih. Personal branding belum punya juga T_T

Jadi mau nggak mau, saya harus mau konsisten melakukan itu semua demi tercapai target umroh di tahun 2025. Biar bisa umroh bareng suami, Ibu, dan Bude Kis. Aamiin...

Bismillah bisa ya!

Semoga kita semua, tercapai ya mimpi-mimpinya. Aamiin...

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar