Aturan Minum Jamu Kunyit Asam yang Benar

Konten [Tampil]

Saat ini orang-orang mulai kembali menjaga tubuh dengan cara alami atau herbal. Salah satunya adalah dengan rutin mengonsumsi jamu kunyit asam yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Minuman tradisional jamu kunyit asam ini terbuat dari dua bahan utama yakni kunyit (Curcuma longa) dan asam jawa (Tamarindus indica). Kunyit yang terkenal dengan warna kuning cerahnya dan kandungan kurkuminnya memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Lain halnya dengan asam jawa yang merupakan agen pencernaan alami, mampu menambah rasa asam yang menyegarkan. Perpaduan antara keduanya merupakan kombinasi yang pas untuk dikonsumsi sehari-hari.

Aturan Minum Jamu Kunyit Asam

Namun Anda jangan asal minum jamu kunyit asam secara sembarangan. Ada sejumlah aturan tertentu yang harus Anda ikuti bila ingin rutin mengonsumsi miuman herbal ini. Berikut ini adalah aturan minum jamu kunyit asam yang harus Anda ikuti:

1. Jumlah Konsumsi

Bila Anda ingin mengonsumsi harian, maka jangan terlalu banyak. Cukup konsumsi 1 gelas sekitar 200-250 ml per hari. Jumlah konsumsi ini sudah cukup untuk Anda bila ingin mendapatkan manfaat kesehatannya.

Kabar baiknya, Anda bisa mengonsumsi jamu kunyit asam ini setiap hari. Namun apabila ingin dikonsumsi dalam jangka panjang, maka Anda cukup meminumnya 3-4 kali dalam seminggu.

2. Waktu Minum

Terkait kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi jamu kunyit asam, maka Anda dapat memilih 1 di antara 2 waktu berikut, yakni pagi hari atau malam hari.

Apabila Anda mengonsumsi jamu kunyit asam di pagi hari sebelum sarapan, maka dapat membantu membersihkan sistem pencernaan. Anda juga akan merasa lebih bersemangat dalam menyambut hari yang lebih baik.

Namun apabila Anda ingin mengonsumsinya pada malam hari, maka Anda bisa meminumnya sesaat menjelang tidur. Mengonsumsi jamu kunyit asam pada malam hari dapat membantu detoksifikasi tubuh saat tidur.

3. Suhu Minuman

Minuman herbal jamu kunyit asam ini dapat diminum dengan keadaan hangat maupun dingin. Boleh dipilih, tergantung pada preferensi pribadi. 

Saat malam hari, minuman jamu kunyit asam yang disajikan secara hangat mungkin terasa lebih baik bagi tubuh. Sementara jamu kunyit asam yang disajikan secara dingin, akan terasa lebih menyegarkan bila dikonsumsi saat siang hari. 

4. Penyimpanan

Jamu kunyit asam dapat disimpan dalam suhu ruang. Namun bila Anda ingin membuat jamu kunyit asam dalam jumlah banyak, maka sebaiknya disarankan agar simpan di kulkas. Lalu usahakan habiskan dalam waktu 2-3 hari ke depan agar kesegarannya tetap terjaga.

Namun bila Anda ingin memanaskan jamu kunyit asam setelah disimpan di kulkas demi menyeduh dengan hangat, maka berhati-hatilah. Jangan sampai jamu kunyit asam tersebut mendidih agar nutrisi tetap terjaga.

Manfaat Jamu Kunyit Asam

Apabila kamu rutin mengonsumsi jamu kunyit asam setiap hari, maka tubuhmu akan merasakan beragam manfaat kesehatan yang tiada duanya. Lalu apa sajakah manfaat jamu kunyit asam bila rutin dikonsumsi sehari-hari?

1. Anti-inflamasi dan Antioksidan

Kurkumin yang terkandung pada kunyit, merupakan senyawa yang memiliki sifat anti inflamasi sangat kuat sehingga mampu mengurangi peradangan pada tubuh. Hal ini sangat bagus untuk mengatasi berbagai penyakit serius seperti kanker, jantung, Alzheimer, dan lainnya.

Selain itu, kurkumin merupakan senyawa antioksidan yang kuat sehingga mampu membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Bahkan mampu menetralisir radikal bebas sehingga mencegah sel-sel menua lebih cepat.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Antioksidan dan senyawa aktif lainnya di dalam kunyit memiliki efek imunomodulator yang dapat memperkuat respons imun tubuh loh! Ini berarti bahwa tubuh menjadi lebih kuat dalam melawan infeksi dan penyakit. Maka orang yang rutin konsumsi jamu kunyit asam, akan jarang terkena penyakit seperti flu, pilek, dan batuk.

3. Detoksifikasi Tubuh

Kunyit dikenal karena kemampuannya dalam membantu proses detoksifikasi tubuh. Ia mampu mendukung fungsi hati untuk membersihkan racun dan produk limbah metabolik yang ada pada tubuh. Rutin konsumsi jamu kunyit asam setiap hari dapat membantu proses detoksifikasi alami tubuh.

4. Memperlancar Pencernaan

Hal yang tak banyak orang ketahui adalah ternyata asam jawa dapat membantu proses pemecahan makanan dan penyerapan nutrisi. Tentu saja ini sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit, kembung, dan gangguan pencernaan lainnya.

5. Meredakan Nyeri dan Kram Menstruasi

Mengonsumsi kunyit asam jawa saat mengalami menstruasi adalah pilihan herbal yang paling banyak digunakan perempuan Indonesia. Sebab jamu kunyit asam jawa memiliki sifat analgesik yang dapat membantu mengurangi nyeri saat haid. 

Bahkan jamu kunyit asam jawa dapat mengurangi gejala pra menstruasi seperti kembung, kelelahan, dan perubahan suasana hati. Namun kalau kamu mendadak menstruasi dan nggak mood untuk membuat kunyit asam jawa secara mandiri, sebaiknya kamu pakai jamu kunyit asam jawa yang sachet. 

Kemasan sachet ini bukan berarti mengandung bahan-bahan yang serba instan dan berbahaya, justru maksudnya adalah jamu kunyit asam jawa dengan kemasan bubuk yang siap diseduh. 

Bahannya tetap 2 saja sesuai fitrahnya, yakni kunyit dan asam jawa. Hanya saja langsung siap seduh tanpa mengupas kulitnya. Namun pastikan kamu memilih jamu kunyit asam jawa kemasan sachet yang sudah diakui oleh banyak orang di Indonesia, yakni jamu kunyit asam  dari Sidomuncul. 

Dengan rutin mengonsumsi Sidomuncul Minuman Kunyit Asam ini, maka Anda akan merasakan berbagai manfaat jamu kunyit asam. Cukup dengan menuangkan Powder Blend Mix Kunyit Asam yang dikemas sachet, maka Anda bisa menambahkannya dengan air panas untuk kemudian diseduh secara hangat.

Kabar baiknya, Anda justru terbilang cukup hemat bila menggunakan Sidomuncul Kunyit Asam kemasan sachet ini. Dikarenakan pada tiap sachet ini setara dengan 35 gram kunyit segar 10 gram asam jawa. Nilai ini jauh lebih besar daripada membuat jamu kunyit asam secara manual.

Dalam 1 kemasan, berisi 5 sachet dengan masing-masing bobot @25 gram. Anda nggak akan menyesal mengonsumsi Sidomuncul Kunyit Asam ini karena praktis dan kaya manfaat. 

Kesimpulan

Namun pastikan Anda mengonsumsi Sidomuncul Kunyit Asam ini sesuai aturan minum jamu kunyit asam jawa ya. Dengan meminum sesuai waktu yang dibutuhkan, maka dampaknya lebih terasa pada organ tubuh yang membutuhkan.

Tidak perlu ragu untuk mengonsumsi jamu kunyit asam jawa ini setiap hari, karena akan ada banyak manfaat yang Anda dapatkan. Yuk, jaga diri kita dengan mengonsumsi herbal setiap hari.

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar